Keterangan Foto: Kantor Pusat Non Operasional (KPNO) Bank Banten

Tangerang – PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Perseroda) Tbk atau Bank Banten terus menunjukkan peningkatan kinerja yang positif. Selain mengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemerintah Provinsi Banten, Bank Banten kini juga dipercaya mengelola RKUD dari Pemerintah Kota Serang dan Kabupaten Lebak. Kepercayaan ini berdampak positif terhadap peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK), memperkuat likuiditas, dan mendorong pertumbuhan bisnis lainnya.

 

Dalam pengelolaan RKUD, Bank Banten berkomitmen untuk selalu siap menyediakan dana kapanpun dibutuhkan oleh Pemprov termasuk PemKab dan PemKot yang mempercayakan pengelolaan RKUD nya kepada Bank Banten. Selain DPK dari RKUD, penghimpunan dana masyarakat juga meningkat, hal ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang semakin besar terhadap Bank Banten.

 

Bagi institusi perbankan, likuiditas adalah nyawa. Tanpa dukungan likuiditas yang memadai, bank akan mengalami kesulitan untuk menjalankan kegiatan bisnis dan operasionalnya. Dalam situasi ekonomi dunia yang masih belum menentu seperti sekarang ini, di mana tidak mudah mengumpulkan dana dari masyarakat, Bank Banten justru sudah sangat siap secara likuiditas. Kepercayaan masyarakat di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten serta seluruh stakeholder di seluruh Indonesia yang semakin meningkat, merupakan faktor kunci bagi perbaikan kinerja Bank Banten saat ini.

 

Seiring dengan peningkatan DPK, kondisi Loan to Deposit Ratio (LDR) Bank Banten masih berada dalam batas normal, menunjukkan likuiditas yang terjaga dengan baik. Hal ini mencerminkan kemampuan Bank Banten dalam mengelola dana secara optimal.

 

Dengan pertumbuhan DPK yang signifikan, Bank Banten berkomitmen untuk mempercepat ekspansi kredit, baik kredit konsumer (seperti Kredit untuk ASN, P3K, pensiunan, dan lainnya) maupun kredit produktif yang layak (feasible) dan dapat dibiayai (bankable). Dalam penyaluran kredit, Bank Banten tetap memprioritaskan prinsip kehati-hatian. Selain itu, bank juga aktif dalam meningkatkan pendapatan fee-based income dan menyelesaikan kredit bermasalah melalui berbagai program internal serta bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi Banten.

 

Bank Banten optimis tahun 2024 akan membawa dampak positif yang lebih besar, terlihat dari potensi bisnis yang ada. Bank juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik, profesional, dan siap bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, berlandaskan prinsip kehati-hatian. Bank Banten juga senantiasa mengutamakan penerapan Good Corporate Governance (GCG), sesuai dengan tagline “Bank Banten, Mitra Terpercaya, Sejahtera Bersama.”

***

Informasi lebih lanjut:

Divisi Sekretariat Perusahaan & Hukum

Up. Bagian Komunikasi Perusahaan

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk

Email: [email protected]

Telp. 0254 -7915877

www.bankbanten.co.id